EFEKTIVITAS PRESENTASI VISUAL DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI SENI


TAPIP BAHTIAR – 27106310
Salah satu kegiatan pokok di sekolah adalah proses pembelajaran, oleh karenanya guru memiliki peran yang sangat penting. Guru harus mampu menjabarkan pokok-pokok tujuan pembelajaran yang kemudian mentransformasikannya kepada siswa. Pada era teknologi informasi dan komunikasi guru dituntut untuk mampu memahami dan memanfaatkannya. Teknologi informasi dan komunikasi berbasis komputer mengandung berbagai presentasi visual yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Presentasi multimedia dapat membantu pembelajaran secara audio visual yang dapat didesain dengan memanfaatkan animasi, warna, suara dan pengembangan materi pembelajaran melalui pemanfaatan jaringan internet. Namun kenyataannya masih terdapat guru yang belum memanfaatkan teknologi tersebut sebagai media pembelajaran. Berdasarkan penelitian terdahulu menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media, dapat meningkatkan dan mempengaruhi kualitas hasil pembelajaran.
Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan presentasi visual terhadap aktivitas belajar siswa, (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran apresiasi seni rupa menggunakan presentasi visual, (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan presentasi visual terhadap prestasi siswa pada pembelajaran apresiasi seni rupa.
Penelitian tentang pembelajaran apresiasi seni rupa menggunakan presentasi visual ini, dilakukan kepada siswa kelas XII semester dua, SMA Negeri 1 Cileunyi Kabupaten Bandung dari tanggal 15 Februari s.d. 15 Mei 2008, melalui pendekatan pengamatan, kuesioner, dan tes. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas eksperimen yaitu kelas yang pembelajaran apresiasi seni rupanya menggunakan presentasi visual dan kelas kontrol yaitu kelas yang pembelajaran apresiasi seni rupanya tidak menggunakan multimedia. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes prestasi, lembar observasi dan kuesioner.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan visual dalam pembelajaran apresiasi seni rupa berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar, yaitu nilai rata-rata prestasi belajar akhir kelas eksperimen lebih baik daripada nilai rata-rata prestasi belajar akhir kelas kontrol. Hasil analisis data observasi menunjukkan aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada aktivitas kelas kontrol. Sedangkan hasil analisis data mengenai sikap, motivasi, peran visual dan guru terhadap pembelajaran apresiasi seni rupa umumnya siswa bersikap positif.

0 komentar: